Tuesday, September 18, 2018

RELAKAH AURAT KITA DITONTON OLEH BANGSA JIN?

✍  _Abu Hasan Agus Dwiyanto N, Lc., M.P.I._
Saudaraku seiman yang dirahmati Allah...
Syetan adalah musuh sejati kita semenjak zaman nenek moyang kita Nabiyullah Adam _'Alaihis Salam_, maka hendaknya kita menjadikannya sebagai musuh dan selalu waspada terhadap musuh sejati ini, Alloh _Ta'ala_ berfirman :
{ إِنَّ ٱلشَّيْطَٰنَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَٱتَّخِذُوهُ عَدُوًّا ۚ إِنَّمَا يَدْعُوا۟ حِزْبَهُۥ لِيَكُونُوا۟ مِنْ أَصْحَٰبِ ٱلسَّعِيرِ ﴾
_"Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia sebagai musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala."_ (QS. Fathir : 6).
Saudaraku yang dimuliakan Allah...
Musuh kita ini oleh Alloh diberikan banyak kelebihan sebagai ujian keimanan bagi kita, di antara kelebihan Iblis dan bala tentaranya dari kalangan bangsa jin, bahwa mereka bisa melihat kita, sedangkan kita tidak bisa melihat mereka, hal ini diisyaratkan oleh Allah _Ta'ala_ dalam firman-Nya :
{ يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ ٱلشَّيْطَٰنُ كَمَآ أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ ٱلْجَنَّةِ يَنزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءَٰتِهِمَآ ۗ إِنَّهُۥ يَرَىٰكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُۥ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ إِنَّا جَعَلْنَا ٱلشَّيَٰطِينَ أَوْلِيَآءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ ﴾
_"Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia (Iblis) dan pengikut-pengikutnya dapat melihat kalian, sedangkan kalian tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman."_ (QS. Al-A'rof : 27).
Saudaraku...
Relakah aurat kita ditonton oleh musuh-musuh kita di saat kita melepas baju, masuk kamar mandi, atau saat berhubungan suami istri?...
Allah _Ta'ala_ Yang Maha Adil telah memberikan senjata bagi kita berupa do'a, untuk melindungi diri kita dan aurat kita dari pandangan bangsa jin, yaitu dengan ucapan "Bismillah", sebagaimana sabda kekasih kita baginda Rasulullah _shallallahu 'alaihi wa sallam_ :
(( سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الخَلَاءَ، أَنْ يَقُولَ "بِسْمِ اللَّهِ" ))
_"Pengahalang antara pandangan mata bangsa jin dan aurat manusia jika salah seorang di antara mereka akan masuk kamar mandi adalah dengan mengucapkan : Bismillah."_ (HR. At-Tirmidzi).
Dan jika kita akan masuk kamar mandi (WC), benteng perlindungan ini akan lebih sempurna lagi jika digabungkan dengan do'a :
" بِسْمِ اللهِ, اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ "
_"Dengan nama Allah, Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan syetan laki-laki dan syetan perempuan."_ (Muttafaq 'Alaihi).
Dan jika pasangan suami istri hendak melakukan hubungan intim, maka kesempurnaan benteng dari gangguan syetan adalah dengan mengucapkan do'a :
" بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا "
_“Dengan Nama Allah, Ya Allah, Jauhkanlah kami dari godaan syetan, dan jauhkanlah syetan dari apa yang Engkau rizkikan kepada kami (berupa anak).”_ (Muttafaq 'Alaihi).
Saudaraku yang dimuliakan Allah...
Marilah selalu kita bentengi diri kita dan keluarga kita dari gangguan syetan yang terkutuk.
Semoga coretan singkat ini bermanfaat... Amin
بارك الله فيكم...
Akhukum fillah,
Abu Hasan Agus Dwiyanto N
Ma'had 'Ali Imam Syafi'i, Cilacap - Jawa Tengah.

0 comments:

Post a Comment